Kamis, 12 Februari 2009

ulang tahun Darwin yang ke-200

Dua ratus tahun yang lalu bocah itu lahir dan 50 tahun kemudian bikin geger dunia dengan bukunya The Origin. Untuk memperingati 200 tahun kelahiran Darwin, saya ingin berbagi serba sedikit tentang teori evolusi a la Darwin.


Menurut Ernst Mayr, sesungguhnya teori Darwin itu tidak tunggal, tapi terdiri dari 5 teori yang tergabung dalam sebuah paradigma. Kelima teori itu adalah: bahwa makhluk hidup bisa berubah, perubahan itu terjadi secara gradual, seleksi alamiah berperan dalam perubahan itu, dari perubahan itu bisa muncul spesies baru dari spesies yang ada, dan oleh karenanya semua makhluk hidup memiliki kekerabatan dan berasal dari leluhur yang sama.

Tidak semua teori dari kelima teori tersebut langsung diterima oleh komunitas ilmiah, hanya dua yang segera mendapat penerimaan, yakni bahwa makhluk hidup bisa berubah (berevolusi) dan kesamaan leluhur dari semua makhluk hidup. Tiga teori yang lain yakni gradualisme, multiplikasi spesies dan seleksi alamiah masih digantung. Bahkan seleksi alamiah tidak mendapat perhatian sama sekali.


Penemuan kembali karya Mendel melahirkan ilmu genetika, para ahlinya segera saja menolak seleksi alamiah dan menolak gradualisme. Mereka mengajukan gantinya, yakni bahwa spesies muncul dari lompatan tiba-tiba akibat mutasi genetik. Akibatnya, seleksi alamiah berada di titik nadir. Namun itu tidak lama. Beberapa ahli genetika yang dibantu oleh ahli statistik Ronald Fisher menunjukkan bahwa gen dengan sedikit keunggulan selektif bisa menyebar ke dalam genotip populasi, akibatnya tidak diperlukan sebuah loncatan evolusi. Evolusi terjadi secara gradual, dan loncatan evolusi ditolak. Puncaknya adalah tahun 1947, tahun dimana akhirnya para ahli menerima evolusi terjadi secara gradual, bahwa spesies muncul dari spesies lain melalui seleksi alamiah.


Dan akhirnya, perkembangan biologi molekular semakin melengkapi teori evolusi Darwin. Dunia sedang menunggu, revolusi apalagi yang akan terjadi dalam biologi.


Sumber: Ernst Mayr, What Makes Biology Unique,Cambridge University Press, 2004